Kamis, 20 Oktober 2011

Es krim??

Es krim itu enak bukan? setiap aku memakannya aku tak pernah berpikir kenapa es krim itu bisa ada atau siapa pembuat pertamanya. aku hanya menikmatinya saja tapi, kini aku mulai berpikir dari mana es krim itu pertama kali di buat dan oleh siapa. kau ingin tahu juga kan? karena faktanya sangat mengaggumkan tau.

kau tahu pada abad pertama, kaisar romawi Nero (37-68 SM) memerintah pelari untuk mengoper ember-ember salju dari pegunungan di utara, sepanjang Appia Way, menuju Roma? Saat sampai di Roma salju itu di campur dengan anggur merah dan madu untuk disajikan dalam pesta-pesta jamuan.
Bangsa cina mungkin telah telah menciptakansebuah es krim setengah eku yang memiliki rasa buah pada milenium pertama!! wah itu sangat lama sekali. aku berpikir mungkin saat aku lahir baru ada es krim atau sejak orang tua ku lahir tapi, faktanya tidak demikian. oh ya, Cina juga terkenal sebagai pembuat sorbet. Sorbet adalah sejenis minuman es.
lalu kau pasti mengenal Marco Polo sang penjelajah bukan? Marco Polo juga berperan dalam menyebarkan resep es krim di Eropa loh. Marco Polo menyebarkan es krim melalui Venesia. Marco polo (1254-1324) kembali ke Venesia dari perjalanannya ke timur jauh dengan resep-resep kuno untuk ramuan yang terbuat dari salju, sari buah, dan bubur buah. Masa itu namanya bukan es krim tapi, hidangan dari es yang biasa di hidangkan oleh bangsawan karena saat itu es krim sangat mewah.
Catatan yang pertama kali di dokumentasikan mengenai susu yang ditambahkan ke salju cair untuk menghasilkan sebuah bentuk es krim modern ada pada tahun 1672, ketika di sajikan kepada Raja Charles II (1630-1685) dari inggris.
Tahu kah kamu bahwa Walls adalah perusahaan pertama yang menjual es krim dengan sepeda roda tiga pada tahun 1924?

sekarang es krim dapat di buat beraneka rasa dengan beraneka bentuk. rasa pada es krim biasa nya coklat, strawberry, vanila, anggur, jeruk, dsb.
tapi, apa kamu tahu ada es krim rasa kaktus, sayap ayam, belut, kepiting, sambal jepang, ikan, dsb??
pasti aneh banget kan?? aku juga merasa aneh, kok ada yah es krim rasa begitu? tapi, es krim itu di buat di Jepang loh! kau patut mencobanya kalau pergi ke sana..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
blogger template by arcane palette